Tidur Siang Dua Kali Dalam Seminggu Menjaga Kesehatan Jantung Anda

50

Tidur siang sekali atau dua kali seminggu bisa menjadi rahasia jantung yang sehat, demikian temuan para ilmuwan.

Sebuah studi baru menunjukkan orang-orang yang menikmati sedikit tidur siang dalam seminggu hampir memiliki setengah risiko peristiwa yang mengancam jiwa seperti serangan jantung atau stroke.

Efek tidur siang adalah salah satu area yang paling sedikit dipelajari di bidang tidur, namun para peneliti percaya praktik ini dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung karena mengurangi stres.

Sebuah tim di University Hospital Lausanne di Swiss mempelajari data pada 3.262 orang berusia antara 35 dan 75 yang dipantau selama rata-rata lima tahun.

Mereka yang tidur satu atau dua kali dalam tujuh hari, untuk antara sekitar lima dan 60 menit, memiliki kemungkinan 48 persen lebih kecil untuk menderita serangan jantung, stroke, atau gagal jantung dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur sama sekali.

Namun, semakin sering orang tidur di luar level ini, semakin besar kemungkinan mereka menderita penyakit jantung yang serius.

Ini karena kecenderungan untuk sering tidur mungkin merupakan akibat dari masalah kesehatan yang mendasarinya, kata para peneliti.

Efek menguntungkan dari tidur siang sekali atau dua kali seminggu pada CVD tetap ada bahkan setelah mengendalikan faktor-faktor risiko kardiovaskular utama, seperti merokok.

Para penulis menulis: “Studi tidur siang adalah tantangan tetapi juga bidang yang menjanjikan dengan implikasi kesehatan masyarakat yang berpotensi signifikan.

“Meskipun masih ada lebih banyak pertanyaan daripada jawaban, sekarang saatnya untuk mulai mengungkap kekuatan tidur siang untuk jantung sehat.”

Belum jelas apakah tidur siang di siang hari baik untuk mengurangi tekanan darah, beberapa ilmuwan berpendapat bahwa tindakan bangun tidur menghasilkan peningkatan tekanan darah, sementara penelitian lain menunjukkan efek jangka panjang yang positif.