Diet Vegetarian Menurunkan Resiko Penyakit Jantung Namun Meningkatkan Kecenderungan Stroke

24

Pola makan vegan dan vegetarian dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah tetapi dapat meningkatkan risiko stroke, kata para ahli.

Sebuah studi dari University of Oxford menemukan bahwa orang yang mengikuti diet vegan memiliki 22 persen risiko penyakit jantung lebih rendah daripada pemakan daging, sementara mereka yang makan ikan tetapi tidak ada daging (diet pescatarian) memiliki risiko 13 persen pengurangan risiko.

Namun, para peneliti menemukan bahwa vegetarian dan vegan seperlima lebih mungkin menderita stroke daripada pemakan daging, yang mereka sarankan mungkin sebagian karena kurangnya vitamin.

Studi ini, yang diterbitkan dalam British Medical Journal (BMJ), memasukkan data untuk 48.188 orang yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung atau stroke pada awal penelitian.

Kelompok ini dibagi menjadi pemakan daging (24.428 orang), pemakan ikan (yang mengonsumsi ikan tetapi tidak ada daging (7.506 orang), dan vegetarian dan vegan (16.254 orang).

Selama masa tindak lanjut 18 tahun, 2.820 kasus penyakit jantung iskemik dan 1.072 kasus stroke tercatat di antara kelompok keseluruhan.

Setelah menyesuaikan dengan faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi hasil, para peneliti menemukan bahwa pemakan ikan memiliki risiko 13 persen lebih rendah terkena penyakit jantung daripada pemakan daging, sementara vegetarian dan vegan memiliki risiko 22 persen lebih rendah.

Ini setara dengan 10 lebih sedikit kasus penyakit jantung iskemik pada vegetarian dan vegan daripada pada pemakan daging per 1.000 orang selama 10 tahun.

Fokus Sains Podcast: Dr Giles Yeo berbicara kepada kita tentang bagaimana gen kita memengaruhi seberapa lapar yang kita rasakan dan seberapa banyak kita makan, dan apa yang harus kita lakukan.

Para peneliti mengatakan: “Kami mengamati tingkat penyakit jantung iskemik yang lebih rendah pada pemakan ikan dan vegetarian daripada pemakan daging, yang tampaknya setidaknya sebagian karena indeks massa tubuh yang lebih rendah dan tingkat tekanan darah tinggi, kolesterol darah tinggi, terkait diabetes yang lebih rendah. dengan diet ini. “

Tetapi studi tersebut menemukan 20 persen tingkat stroke lebih tinggi pada vegetarian dan vegan daripada pada pemakan daging, setara dengan tiga kasus stroke lebih banyak per 1.000 orang selama 10 tahun.

Ini sebagian besar disebabkan oleh tingkat yang lebih tinggi dari stroke hemoragik – tipe yang disebabkan oleh perdarahan di dalam atau di sekitar otak.

Tim mengatakan peningkatan risiko stroke bisa turun ke tingkat vitamin yang lebih rendah di antara vegetarian dan vegan dalam penelitian ini.

Mereka mengatakan penyelidikan lebih lanjut diperlukan, menambahkan: “Vegetarian dan vegan (dalam penelitian) memiliki tingkat sirkulasi beberapa nutrisi yang lebih rendah (misalnya, vitamin B12, vitamin D, asam amino esensial, dan rantai panjang n-3 asam lemak tak jenuh ganda), dan perbedaan dalam beberapa faktor gizi ini dapat berkontribusi pada asosiasi yang diamati. “

Para peneliti juga menyarankan bahwa kadar kolesterol total yang rendah di antara vegetarian dan vegan dapat berperan.

Mereka menambahkan: “Diet vegetarian dan vegan telah menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, sebagian karena manfaat kesehatan yang dirasakan, serta kekhawatiran tentang lingkungan dan kesejahteraan hewan.

Tracy Parker, ahli diet senior di British Heart Foundation, mengatakan: “Penelitian ini memberikan bukti lebih lanjut bahwa makan lebih banyak makanan nabati dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

“Namun, juga ditemukan bahwa vegetarian, termasuk vegan, berisiko lebih tinggi terkena stroke daripada pemakan daging – berpotensi karena kekurangan nutrisi tertentu.

“Meskipun ini merupakan temuan yang menarik, penelitian ini bersifat observasional dan tidak memberikan kami cukup bukti, sehingga dibutuhkan lebih banyak penelitian di bidang ini.

“Apakah Anda seorang karnivora yang berkomitmen, seorang vegetarian, atau seorang vegan, salah satu cara untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan peredaran darah adalah memastikan Anda makan makanan yang seimbang, dikemas dengan banyak buah dan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan. Bagi mereka yang makan daging, disarankan untuk mengurangi kurang dari 90 g daging merah atau olahan sehari. ”