Alasan Kenapa Anda Selalu Terbangun Pada Jam 4 Pagi

9

Pada titik tertentu, sebagian besar dari kita menjalani periode panggilan bangun konsisten yang mengganggu sekitar pukul 3 hingga 5 pagi. Jika Anda seperti saya, hal pertama yang Anda lakukan adalah mengajukan petisi kepada dokter Anda untuk vitamin A (mbien). Atau mungkin Anda mencoba untuk mengurangi kafein.

Sejarawan Roger Ekirch menerbitkan sebuah buku pada tahun 2011 yang mencantumkan sekitar 500 akun tertulis dari berabad-abad lalu di mana orang menyebut “tidur pertama” dan “tidur kedua”. Buku harian, jurnal medis, buku doa – buku-buku itu dipenuhi dengan berbagai bahasan pola tidur yang terlihat sangat berbeda dari yang kita kenal sekarang.

Orang-orang akan tidur pada bagian pertama malam itu, bangun di pagi hari selama beberapa jam, dan kemudian tertidur kembali sampai tiba saatnya untuk memulai hari dengan sungguh-sungguh. Pekerjaan Ekirch telah didukung oleh para ilmuwan yang mengakui tubuh kita secara alami kembali ke pola ini ketika kehilangan rangsangan eksternal modern (sumber cahaya buatan, misalnya.)

Praktik ini disebut tidur tersegmentasi, dan dihipotesiskan bahwa itu merentang jauh lebih jauh daripada akun tertulis yang dapat kita akses. Sebenarnya, itu mungkin norma bagi sebagian besar leluhur kita yang beruntung.

Selama jarak antara tidur pertama dan tidur kedua, orang akan makan atau berhubungan seks; tulis atau kunjungi tetangga. Itu adalah masa kreativitas yang meningkat, perhatian dan kedekatan.

Masalah dengan tidur tersegmentasi adalah bahwa ia membutuhkan jendela sekitar dua belas jam, kemewahan yang terhapus oleh revolusi industri dan kehidupan yang berorientasi efisiensi dan hari kerja delapan jam.

Ketika kita bangun di tengah malam, insting pertama kita adalah panik. Kita tidak hanya merasa sedih atas hilangnya produktivitas hari ini, kita juga cenderung mempertimbangkan semua peristiwa kehidupan – pernikahan, pekerjaan, persaudaraan, keluarga – dengan cara yang biasanya tidak kita lakukan di siang hari. Anda tahu pepatah, “Semuanya paling gelap sebelum fajar”? Orang-orang di klub jam 4 tahu betul apa artinya ini.

Ada alasan mengapa otak Anda tampaknya menjelajahi jalan, bersih atau berbahaya, pada dini hari.

Ketika kita tertidur, kita menikmati prolaktin aktin yang cepat itu, sekresi hormonal yang mengirim Anda ke keadaan melamun, mengantuk, damai, dan bahkan berhalusinasi. Itu juga dilepaskan ketika kita bangun dan ketika kita tetap dalam keadaan terjaga – seperti nenek moyang kita lakukan antara tidur pertama dan kedua.

Ini berarti bahwa ketika Anda bangun di tengah malam, itu bisa menjadi periode yang kaya ketika otak Anda disetel untuk berpikir di luar kotak dan membayangkan kemungkinan-kemungkinan baru. Hormon Anda memungkinkan Anda untuk mengambil kreativitas mimpi dan menggabungkannya dengan kesadaran otak yang terjaga. Sebaliknya, otak Anda dapat menggunakan kondisi seperti mimpi untuk meyakinkan Anda bahwa titik di punggung Anda tidak diragukan lagi adalah melanoma.

Tidur selalu menjadi misteri, bahkan bagi para ilmuwan modern. Jam internal kita dan mekanisme tidur / bangun tampaknya berada di jalur mereka sendiri, tidak peduli dengan parameter yang ditetapkan oleh kehidupan modern.